Saatnya UMKM #NaiKelas dengan Pengambilan Keputusan Berbasis Analisis Tren

Saatnya UMKM #NaiKelas dengan Pengambilan Keputusan Berbasis Analisis Tren

Penulis:

Mario Aden Bayu Valendo

Kepala Divisi Pembedayaan dan Kolaborasi Komunitas, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Rangkaian Bootcamp #NaiKelas: Mahir Data yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM dan Data Science Indonesia (DSI) Chapter Yogyakarta telah sampai pada pertemuan terakhir. Kelas diadakan pada Sabtu (27/5) dengan topik “Pengambilan Keputusan Bisnis Berbasis Tren Data”. Dalam pertemuan ini, hadir Salsabila Zahirah Pranida atau yang akrab disebut Ira dari DSI Chapter Yogyakarta sebagai pemateri. 

Pertemuan diawali dengan penjelasan Ira mengenai manfaat pengambilan keputusan melalui pola atau tren. Menurut Ira, analisis tren data memberikan empat manfaat krusial untuk mengambil keputusan bisnis. Pertama, meningkatkan ketepatan dalam pengambilan keputusan. Kedua, mengoptimalkan strategi pemasaran. Ketiga, memperkuat daya saing usaha. Keempat, mendorong adanya efisiensi dalam operasional usaha.

Selain itu, Ira juga menekankan tentang kerangka kerja pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan penggunaan data. Kerangka kerja ini dapat disebut dengan APPASA (Ask, Prepare, Process, Analyze, Share, dan Act). Kerangka kerja ini membantu menyusun strategi yang terstruktur dalam proses pengambilan keputusan oleh pelaku UMKM dan komunitas masyarakat. 

Untuk mengukur ketercapaian rangkaian program, pertemuan ini diakhiri dengan uji evaluasi bagi seluruh peserta dengan menguji pemahaman peserta terkait empat materi pertemuan bootcamp. Materi tersebut meliputi: Cara memahami data digital, cara menganalisis data digital, cara menyajikan data digital, dan cara mengambil keputusan bisnis berbasis tren data. Setelah hasil uji evaluasi ini diolah, para peserta juga akan memperoleh sertifikat.