Bootcamp #NaiKelas: Analisis Data untuk Kemajuan Bisnis UMKM

Bootcamp #NaiKelas: Analisis Data untuk Kemajuan Bisnis UMKM

Penulis:

Lukas Andri Surya Singarimbun

Website Manager, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Sebagai kelanjutan dari rangkaian Kelas Bootcamp #NaiKelas, Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM berkolaborasi dengan Data Science Indonesia (DSI) Chapter Yogyakarta dan SiBakul Jogja mengadakan Kelas Bootcamp kedua secara hybrid pada Sabtu (13/5) di kantor PSPD UGM. Kelas ini dibawakan oleh Titan Bagus dari DSI Chapter Yogyakarta mengenai “Cara Mengolah Data Retail dan Transaksi”. 

Dalam pemaparannya, Titan menjelaskan teknik dasar untuk merapikan data untuk keperluan bisnis. Titan juga menekankan bahwa data menjadi sangat penting dalam mengetahui kondisi pasar dan menentukan strategi bisnis yang tepat dan baik untuk peningkatan keuntungan bisnis. Di samping penggunaan data untuk meningkatkan keuntungan bisnis, penggunaan data digital juga sangat krusial dalam memperbaiki internal perusahaan untuk menghindari pengambilan keputusan yang didasarkan pada asumsi. Dalam kelas ini, Titan juga memandu secara langsung para peserta untuk melakukan praktik pengolahan data dengan Google Spreadsheet

Kelas berlangsung secara interaktif dengan diskusi antara pemateri dengan peserta Kelas Bootcamp, baik dengan yang hadir melalui zoom dan yang hadir di PSPD UGM.