SARDEIN Bali: Awal Kolaborasi PSPD UGM dan INBIS UNMAS Berdayakan UMKM Lokal

SARDEIN Bali: Awal Kolaborasi PSPD UGM dan INBIS UNMAS Berdayakan UMKM Lokal

Penulis:

Maria Angela Koes Sarwendah

Kepala Divisi Diseminasi, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Penulis:

Lukas Andri Surya Singarimbun

Website Manager, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Inkubator Bisnis (INBIS) Universitas Mahasaraswati Denpasar (UNMAS), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) UNMAS, dan Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada (PSPD UGM) menyelenggarakan Sarasehan Demokrasi Ekonomi Indonesia (SARDEIN) pada Jumat (14/4). SARDEIN diselenggarakan di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali, dengan tema “Memproyeksikan Pentingnya UMKM Lokal dalam Pemerataan Ekonomi Nasional.”

Acara dibuka dengan tari sambutan “Sekar Jagat” serta sambutan dari UNMAS dan PSPD UGM. Wakil Rektor III UNMAS, I Komang Budiarta, S.Pd., M.Pd., M.Hum, dalam sambutannya mengharapkan peningkatan kualitas UMKM dari hasil diskusi SARDEIN, terkhusus di Denpasar. Sambutan disambung oleh Dr. Riza Noer Arfani, Kepala PSPD UGM, yang menggarisbawahi pentingnya kolaborasi pelaku UMKM, akademisi, dan pembuat kebijakan untuk mendorong daya saing UMKM hingga pasar internasional. Mewakili Suryakanta Institute sebagai pendukung acara, Mayjen TNI (Purn.) IGK Manila, S.I.P. kemudian menyambut peserta dan narasumber dengan motivasi supaya mahasiswa peduli dengan perkembangan UMKM.

Dimoderatori Putu Desi Anggerina Hikmaharyanti, M. Hum, sesi diskusi dibuka dengan penyampaian berbagai praktik pengembangan UMKM pemerintah Kota Denpasar oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, SE.,M.Si. Beberapa upaya yang diangkat meliputi pembuatan situs web KUBALI.com untuk membantu akses permodalan UMKM, situs web e-catalogue  untuk peningkatan akses pasar UMKM, D’Youth Fest sebagai festival kreativitas ekonomi generasi muda, Denpasar Festival, hingga Pameran Pelaku UMKM. Kerja sama erat dalam menangani permasalahan UMKM dalam mengembangkan usahanya pun diharapkan terjalin, terutama dalam promosi dan pemasaran. 

Ketua Jejaring Desa Wisata Kabupaten Buleleng, Jero Mangku Made Ariawan, STT.PAR. MBA, mengangkat berbagai aktivitas ekonomi sirkular yang telah dilakukan di Desa Wisata Kabupaten Buleleng, Bali. Jero menekankan pada pentingnya diskusi dan arahan berbasis praktik bagi petani dan pelaku UMKM yang tidak terpusat pada teori semata. Dengan memanfaatkan potensi lokasi dan kultur, UMKM Desa Wisata Kabupaten Buleleng memajukan sektor seni, pertanian, dan makanan ringan.

Kepala INBIS UNMAS Denpasar, Daniel Manek, S.Fil., SM., MM, membagikan berbagai pengalaman kompetisi bertema UMKM yang diikuti oleh mahasiswa di UNMAS Denpasar guna memajukan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa di bidang UMKM. Di samping kompetisi, Daniel juga mendorong pengembangan keterampilan melalui kolaborasi seperti yang terjalin antara UNMAS dengan PSPD UGM.

Ketua Bidang 1 Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kota Denpasar, I Putu Hendra Arimbawa, SE. menyampaikan potensi besar dari produk UMKM Bali serta potensi pasar UMKM di Indonesia yang cukup tinggi. I Putu Hendra menekankan pentingnya penguatan sektor ekspor-impor UMKM untuk memajukan perekonomian Indonesia. 

Pasca sesi tanya-jawab, SARDEIN ditutup dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PSPD UGM dan INBIS UNMAS terkait program pemberdayaan UMKM lokal untuk mewujudkan ekonomi berkelanjutan, berkeadilan, dan berdaya tahan. Kerja sama ini mengawali kolaborasi antar universitas PSPD UGM dalam skema n-helix yang berorientasi pada riset, pengembangan kurikulum, pelatihan, dan advokasi kebijakan.