Kelas Bercerita: Strategi untuk Pikat Konsumen

Kelas Bercerita: Strategi untuk Pikat Konsumen

Penulis :

Atsil Tsabita Ismaningdyah

Media Officer Intern Divisi Pemberdayaan dan Kolaborasi Komunitas, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Editor :

Maria Angela Koes Sarwendah

Kepala Divisi Diseminasi, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM bersama dengan Konsorsium Ekonomi Sirkular Indonesia (KESI), Sedaya Indonesia, dan jejaring SiBakul Jogja mengadakan Kelas Komunitas Berdaya kedua pada Rabu (15/3). Dengan tema “Seni Bercerita (Storytelling) dalam Berdagang sebagai Pemikat Pembeli”, kelas digelar sebagai sarana berbagi ilmu dan kompetensi seni dalam membangun narasi pemasaran UKM dari berbagai bidang usaha. Kelas yang diselenggarakan di PSPD UGM ini diisi oleh Andy Purnawan, pemilik UKM “Kenandy” yang bergerak di bidang industri kreatif pengolahan kulit menjadi aneka produk kerajinan tangan. Terdapat 23 peserta dari berbagai kalangan UKM, pelaku ekonomi kreatif, dan komunitas yang hadir dalam kesempatan ini. 

Sebagai narasumber, Andy mengajak para peserta untuk meningkatkan kemampuan seni bercerita dalam memperkenalkan produk pada publik hingga mengantarkannya ke tangan konsumen. Menurut Andy, narasi cerita yang inspiratif, jujur, dan apa adanya dapat membuat calon konsumen termotivasi untuk membeli produk. Narasi dapat disampaikan dengan teknik monomyth story telling, yaitu teknik berbagi cerita kisah perjalanan UKM dalam menciptakan produk maupun mereknya dari awal hingga saat ini secara terstruktur. 

Kelas Komunitas Berdaya kedua ditutup dengan sesi diskusi dan berbagi pengalaman oleh beberapa peserta terkait narasi merek dan produk yang telah dibangun sejauh ini dan strategi peningkatannya.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*