Sarasehan Demokrasi Ekonomi Indonesia ”Inspirasi dari Laut: Cerita Kehidupan Komunitas dan Peluang Ekonomi Biru untuk Masyarakat Lokal”

Sarasehan Demokrasi Ekonomi Indonesia ”Inspirasi dari Laut: Cerita Kehidupan Komunitas dan Peluang Ekonomi Biru untuk Masyarakat Lokal”

Penulis:

Christina Vania Winona, S.I.Ph

Kepala Divisi Kesekretariatan, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM menyelenggarakan Kelas Komunitas Berdaya sekaligus Sarasehan Demokrasi Ekonomi Indonesia (SARDEIN) volume VI dengan mengangkat tema ‘Inspirasi dari Laut: Cerita Kehidupan Komunitas dan Peluang Ekonomi Biru untuk Masyarakat Lokal’ pada Jumat (28/7). Forum digelar secara daring selama 90 menit dan diikuti oleh puluhan komunitas yang bergerak di pelestarian pesisir dan ekonomi kreatif.

Berkolaborasi dengan Suryakanta Institute dan ECCO Foundation, PSPD UGM menghadirkan panelis dari kalangan komunitas pesisir Lombok dan Cilacap. Forum dibuka dengan sambutan dari Mario Aden Bayu Valendo, S.I.P selaku Ketua Penyelenggara CEF 2023 yang memberikan pengantar pengenalan terkait CEF 2023 rangkaian acaranya. Ekonomi biru akan diangkat sebagai fokus tema Circular Economy Forum (CEF) 2023 yang merupakan agenda tahunan PSPD UGM yang kedua. Melalui CEF, saat ini telah terbentuk beberapa kajian seputar ekonomi sirkular yang akan digunakan untuk rekomendasi kebijakan. Agenda tersebut akan dilakukan secara keberlanjutkan hingga tercipta kebijakan publik sekaligus implementasinya mampu menjamin keseimbangan antara ekonomi dan ekologi.

Melalui CEF 2023, komunitas diharapkan mampu saling tukar ilmu pengetahuan dalam merawat gerakannya. Rangkaian CEF 2023 yang dilaksanakan sejak bulan Juli sampai dengan Desember 2023 juga dimaksudkan sebagai bentuk fasilitasi kepentingan komunitas kepada pemangku kebijakan. Aktivitas yang dilakukan meliputi Kelas Komunitas Berdaya, Forum Dialog Komunitas, kampanye pelestarian alam, riset, konferensi pembangunan nasional, dan konferensi internasional untuk mengkaji kebijakan publik.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber pertama, yaitu Iwan Suyadi, S.E., M.Pd, Wakil Ketua Turtle Conservation Community di Lombok yang telah berdiri sejak 2018. Gerakan komunitas ini sempat menghadapi tantangan dari gempa bumi Lombok tetapi upaya pelestarian alam melalui konservasi penyu masih tetap berlanjut hingga saat ini. Gerakan ini memiliki misi penyelamatan penyu yang dilakukan dengan patroli menyisir pesisir Lombok. Hingga saat ini, TCC telah melepas sebanyak 27.715 ekor penyu kembali ke habitatnya. Selain preservasi penyu, TCC juga merehabilitasi karang yang berdampak baik dari segi lingkungan dan pariwisata.  Namun, di sisi lain, TCC juga menemukan beberapa tantangan, di antaranya adalah jumlah nelayan terlampau banyak jika dibandingkan dengan ketersediaan sumber pendapatan dari laut dan oknum-oknum yang masih menjual telur penyu.

Narasumber kedua adalah Bayu Nur Aji yang membina komunitas masyarakat Indonesian Ecotourism Community di Cilacap, Jawa Tengah.  Indonesia Ecotourism Community berada di pesisir Cilacap, tepatnya Kecamatan Kampung Laut yang dulu disebut Segoro Anakan, yang saat ini lautannya perlahan-lahan menghilang. Fokus pendampingan Indonesian Ecotourism Community adalah pergantian profesi pada masyarakatnya melalui cara: (1) pemanfaatan lahan timbun untuk pertanian; (2) mengakses bantuan dari pemerintah; (3) pengembangan pariwisata dengan produksi olahan laut. Selama proses pendampingan, terdapat tantangan besar, diantaranya problematika kebijakan publik karena lokasinya yang bersinggungan langsung dengan Pulau Alcatraz-nya Indonesia. Selain itu, idealisme masyarakat Kampung Laut Cilacap untuk bertahan hidup masih terasa dengan kondisi mereka yang belum sepenuhnya membuka diri, sehingga pendampingan harus menggunakan trik tertentu, misalnya tidak menjanjikan apapun terhadap masyarakat Kampung Laut Cilacap.

Narasumber ketiga adalah Prof. Dr. Purwo Santoso, MA. Beliau menyampaikan jika sekalipun blue economy tampak utopis, konsep ini juga realistis. Ekonomi biru dapat disamakan konsepnya dengan ekonomi hijau, hanya fokus pembangunannya ada di laut. Dalam konsep ini, beliau menyampaikan bahwa terdapat dilema di antara ekonomi dan ekologi karena ekonomi membuka peluang tetapi juga meningkatkan ancaman krisis lingkungan. Oleh karenanya, keadilan ekonomi seharusnya mulai dibangun dan dapat dimulai dari desain koperasi dari hulu ke hilir yang selaras dengan modifikasi pada model bisnis sehingga narasinya adalah menjaga keadilan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dengan peserta dan kemudian ditutup dengan rangkuman sesi narasumber.