Pakar


Dr. Maharani Hapsari

Dr. Maharani Hapsari (Rani) adalah asisten profesor di Departemen Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada, dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif di Center for World Trade Studies (CWTS) Universitas Gadjah Mada. Rani memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman dalam penelitian tentang politik komoditas sumber daya alam di Indonesia, perdagangan dan lingkungan di negara-negara berkembang, serta pengetahuan tentang produksi bersama dalam transisi keberlanjutan. Rani telah melakukan berbagai penelitian tentang sertifikasi internasional minyak kelapa sawit, dampak Peraturan Deforestasi Uni Eropa (EUDR) terhadap komoditas strategis Indonesia, gerakan lingkungan, tata kelola hutan di Indonesia, dan perdagangan komoditas yang inklusif.

Bidang Kepakaran: Politik komoditas sumber daya alam Indonesia, perdagangan dan lingkungan di negara-negara berkembang, serta produksi bersama dalam transisi keberlanjutan.


Agustinus Moruk Taek, M.A

Agustinus Moruk Taek, M.A. (Ampy) adalah peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada. Minat penelitian Ampy adalah isu-isu ekonomi politik internasional, pembangunan internasional, dan pemerintahan. Ampy telah bergabung dengan beberapa proyek penelitian dalam menganalisis rantai nilai global dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, Ampy telah mempublikasikan beberapa penelitian tentang tata kelola pemerintahan dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam melakukan penelitian, Ampy telah bekerja sama dengan berbagai lembaga dan kementerian pemerintah Indonesia.

Bidang Kepakaran: Ekonomi politik internasional, pembangunan internasional, pemerintahan, dan pembangunan berkelanjutan.


Rizky Alif Alvian, MIR

Rizky Alif Alvian, MIR (Alif) adalah seorang dosen di Departemen Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada dengan fokus studi pada teori politik internasional, studi sekuritas internasional, strategi, negosiasi dan resolusi konflik, serta studi demokrasi. Dalam perjalanan akademiknya, Alif terlibat langsung dalam berbagai proyek penelitian tentang counter-extremism di Indonesia dan kebijakan luar negeri Indonesia. Pada tahun 2021, Alif juga mengkaji penelitian bersama Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada, berjudul Forging Knowledge Co-Production on International Trade and Circular Economy Linkages in Developing Country. Alif juga aktif menulis untuk berbagai media massa sejak tahun 2017 dan turut serta terlibat dalam konferensi seperti di World Congress of Political Science (2018) dan ISA Asia-Pacific Conference (2019). 

Bidang Kepakaran: Teori politik internasional, studi keamanan internasional, strategi, negosiasi dan resolusi konflik, serta studi demokrasi.


Dr. Junita Widiati

Dr. Junita Widiati (Nita) adalah seorang peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM sejak tahun 2020. Nita telah terlibat dalam berbagai pengalaman penelitian yang berkaitan dengan studi ekonomi sirkular dan manajemen pendidikan. Beberapa publikasi juga telah dibuat oleh Nita seperti studi komparatif pendidikan di Indonesia dan Jepang serta menerbitkan buku berjudul “Sekolah yang Menyenangkan” pada tahun 2013.

Bidang Kepakaran: Ekonomi sirkular dan manajemen pendidikan.


Dr. Siti Arifah Purnamasari

Dr. Siti Arifah Purnamasari (Arifah) adalah seorang peneliti sekaligus Koordinator Divisi Pelatihan di Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM dengan minat penelitian agribisnis dan perdagangan internasional, pertanian dan pangan, ekonomi sirkular dan limbah pangan, serta aspek teknis dalam perdagangan. Arifah terlibat dalam berbagai proyek penelitian sejak tahun 2012, yang terbaru berjudul “Kajian Isu Strategis Perdagangan Jasa Ekonomi Kreatif Indonesia di Subsektor Kuliner dan Pemetaan Tembakau dan Industri hasil Tembakau di Kabupaten Kebumen” pada tahun 2021.

Bidang Kepakaran: Agribisnis, perdagangan internasional, pertanian, ekonomi sirkular, dan limbah pangan.


Dr. Akhmad Akbar Susamto

Akhmad Akbar Susamto (Akbar) adalah dosen senior di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Akbar memiliki lebih dari 15 tahun pengalaman di bidang Ilmu Ekonomi. Terakhir, Akbar bekerja sebagai Kepala Program Studi Ekonomi Pembangunan untuk mahasiswa pasca sarjana di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada. Akbar juga pernah bekerja sebagai Direktur Riset di CORE Indonesia, sebuah kelompok pemikir untuk isu-isu ekonomi yang berbasis di Jakarta. Akbar telah mempublikasikan berbagai penelitian seperti “Dampak Asuransi Kesehatan Bersubsidi di Kalangan Masyarakat Miskin: Bukti tentang Pengeluaran Kesehatan Out-of-pocket di Indonesia" di Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, “Kepemilikan Publik dan Pemberian Kredit Bank Daerah pada Saat Pandemi Covid-19. Bukti dari Indonesia: Bukti dari Indonesia" dalam Pacific Basin Finance Journal.

Bidang Kepakaran: Ekonomi pembangunan.


Suci Lestari Yuana, PhD (Cand)

Suci Lestari Yuana (Nana) adalah seorang dosen dan peneliti di Departemen Hubungan Internasional UGM. Nana memiliki minat penelitian di bidang  transisi keberlanjutan, analisis wacana, ekonomi sirkular, dan politik ekonomi internasional. Sepanjang tahun 2020, Nana telah mendapatkan tiga penghargaan yakni Best Paper Award on the 11th International Sustainability Transition Conference 2020, Committee Member of Transition in the Global South Thematic Groups STRN, dan High-Quality Academic Paper Awards oleh BRIN. Beberapa publikasi terbarunya terdapat dalam Jurnal Environmental Innovation and Societal Transitions volume 37 dan 41 tahun 2021.

Bidang Kepakaran: Transisi keberlanjutan, analisis wacana, ekonomi sirkular, dan politik ekonomi internasional.


Siti Daulah Khoiriati, M.A.

Siti Daulah Khoiriati, M.A. (Daulah) adalah peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada dan pengajar di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada. Minat penelitian Daulah adalah isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi-politik, perdagangan, investasi, dan pembangunan. Daulah menerbitkan penelitian tentang “Pembentukan FTA Bilateral dalam Perspektif Ekonomi-Politik, Membandingkan Model FTA Amerika Serikat dan Jepang" (Jurnal CWTS); “Indofood: Transformasi EM-MNC Indonesia" (Book Chapter IIS, 2013), dan; “Memahami Pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN dalam Perspektif Konstruktivisme" (Book Chapter ASEAN, 2018). Penelitian yang Daulah hasilkan yang berkaitan dengan perdagangan kayu adalah “Transnational Actor in Global Furniture Trade" (Departemen HI, 2012).

Bidang Kepakaran: Ekonomi politik, perdagangan, investasi, dan pembangunan.


Taufiq Adiyanto, LL.M

Taufiq Adiyanto, LL,M. (Taufiq) adalah seorang dosen di Fakultas Hukum UGM dengan fokus studi hukum perpajakan, hukum perdagangan internasional, dan hukum energi. Taufiq juga aktif mengkaji isu kebijakan sebagai peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM dan Pusat Studi Energi UGM sejak tahun 2018. Berbagai pengalaman riset terbaru Taufiq antara lain The Global Minimum Tax: An Alarm for Inbound Investment in Indonesia (2022), Kajian Isu Cross-Cutting: OECD Two Pillars dan Dampaknya bagi Industri Dalam Negeri (2022), dan Jasa Konsultansi Penyediaan Dokumen Substansi Penyelenggaraan Digital Economy Working Group (DEWG) dan Digital Economy Minister’s Meeting (DEMM) G20 Indonesia (2022).

Bidang Kepakaran: Hukum perpajakan, hukum perdagangan internasional, dan hukum energi.


Peneliti


Maria Angela Koes Sarwendah, S.I.P.

Maria Angela Koes Sarwendah, S.I.P. (Ela) adalah seorang calon peneliti yang mengkhususkan diri pada bidang pembangunan politik dan ekonomi internasional, perdagangan komoditas dan diplomasi, serta keberlanjutan perdagangan. Dengan gelar sarjana di bidang Hubungan Internasional dari Universitas Gadjah Mada, Ela mengasah lebih lanjut kemampuan penelitiannya di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada untuk mengejar minatnya dalam mempromosikan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Ela memiliki tujuan untuk berkontribusi secara aktif dalam produksi bersama pengetahuan dan komunitas praktik sebagai sarana pembangunan.

Bidang Kepakaran: Perkembangan politik dan ekonomi internasional, perdagangan komoditas dan diplomasi, serta keberlanjutan perdagangan.


Angelina Chiquita Kurnia Putri, S.I.P.

Angelina Chiquita Kurnia Putri, S.I.P. (Angel) adalah seorang peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia, Universitas Gadjah Mada. Angel memiliki keahlian dalam studi pembangunan ekonomi berkelanjutan, studi Global-Selatan, dan ekonomi sirkular dalam praktik rantai nilai global. Kemahiran Angel terlihat dalam eksplorasi yang cermat terhadap berbagai tema, termasuk seluk-beluk nuansa pascakolonialisme dalam kerangka ekonomi sirkular di masyarakat pedesaan Indonesia dalam tesis sarjananya. Selain itu, masa kerja Angel sebagai peneliti sejak 2021 menggarisbawahi dedikasinya pada penelitian ilmiah, yang dibuktikan dengan publikasi-publikasi penting yang dihasilkannya. Ini termasuk studi mendalam seperti “Tinjauan Empiris Pemberlakuan Regulasi Bebas Deforestasi Uni Eropa (EUDR) pada Komoditas Strategis Indonesia" yang menganalisis sektor pertanian dan kehutanan. Selain itu, Angel juga menulis “Ekonomi Sirkular dalam Gagasan Universal dan Praktik Lokal: Eksplorasi dan Kontekstualisasinya di Indonesia," dalam menganalisis lingkungan sosial ekonomi. 

Bidang Kepakaran:  Perkembangan ekonomi politik internasional, pembangunan ekonomi berkelanjutan, studi Global-Selatan, dan ekonomi sirkular dalam praktik rantai nilai global.


Muhammad Rasyid Ridho, MA.

Muhammad Rasyid Ridho, MA. (Ridho) adalah seorang peneliti yang memiliki fokus penelitian pada bidang politik ekonomi dan pembangunan. Dengan gelar sarjana di bidang Hubungan Internasional dari Universitas Gadjah Mada, Ridho memiliki ketertarikan pada isu Asia Tenggara dan Tiongkok. Ridho mengasah minatnya dalam riset lebih lanjut di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada untuk mendiskusikan isu-isu maupun penelitian yang terkait dengan tema utama ekonomi sirkular. Sebagai manager publikasi jurnal Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada, Ridho bertanggung jawab atas koordinasi hal teknis sehari-hari yang berkaitan dengan Journal of World Trade Studies (JWTS).

Bidang Kepakaran: Ekonomi politik dan pembangunan internasional.


Lukas Andri Surya Singarimbun, S.I.P.

Lukas Andri Surya Singarimbun, S.I.P. (Lukas) adalah seorang peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada yang berfokus pada perdagangan internasional, ekonomi politik, dan keberlanjutan perdagangan. Lukas telah terlibat dalam beberapa proyek penelitian termasuk kelapa sawit dan tata kelolanya di Indonesia, ekonomi sirkular, dan ekonomi politik perdagangan dan investasi internasional. Lukas tertarik untuk mempelajari negosiasi internasional dan perjanjian perdagangan multilateral, khususnya di sektor komoditas. Lukas telah menerbitkan beberapa artikel terkait diplomasi komoditas di media internasional dan nasional. Saat ini, Lukas juga sedang bergabung dalam penelitian untuk menganalisis tata kelola kelapa sawit di Indonesia dari CPOPC. 

Bidang Kepakaran: Perdagangan internasional, ekonomi sirkular, dan diplomasi.


Theofillius Baratova Axellino Kristanto, S.Sos.

Theofillius Baratova Axellino Kristanto, S. Sos (Theo) adalah seorang peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada yang memiliki konsentrasi studi pada topik sosiologi politik, politik lingkungan, dan metode riset sosial. Sebagai Kepala Divisi Kemitraan Kebijakan di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada, Theo telah melakukan berbagai penelitian kebijakan di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Theo juga turut merumuskan rekomendasi kebijakan dan memberikan bimbingan teknis kepada para pemangku kepentingan kebijakan di berbagai daerah di Indonesia. Theo memiliki pengalaman magang di The Asia Foundation pada proyek Ketahanan Demokrasi untuk membantu mengimplementasikan program-program lapangan seperti pengumpulan data, pemantauan dan evaluasi, serta pendampingan program dan terlibat dalam  pembentukan Koalisi Lintas Isu Yogyakarta. Sebagai peneliti di Suryakanta Institute, Theo berfokus pada penelitian terkait kebijakan legislatif dan pemetaan politik serta penyediaan konsultasi politik. 

Bidang Kepakaran: Politik, sosiologi, dan pembangunan berkelanjutan.


Ika Risky Ariyanti, S.I.P.

Ika Risky Ariyanti, S.I.P. adalah seorang peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada, khususnya pada bidang ekonomi politik dan pembangunan internasional dan berperan sebagai anggota Divisi Kemitraan Kebijakan di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada. 

Bidang Kepakaran: Ekonomi politik dan pembangunan internasional.


Mario Aden Bayu Valendo, S.I.P.

Mario Aden Bayu Valendo, S.I.P. adalah seorang peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada yang memiliki fokus studi pada bidang politik dan keamanan global. Sebagai Kepala Divisi Pemberdayaan dan Penjangkauan Masyarakat dan Peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada, ia telah memperkuat kolaborasi antar komunitas di bidang ekonomi sirkular dan gerakan sosial melalui Indonesia Consortium for Circular Economy (ICCE). Ia telah meningkatkan kapasitas komunitas dan UKM berbasis sosial dengan menyelenggarakan kelas-kelas pelatihan. Ia tertarik pada tata kelola dan kebijakan publik, gerakan sosial, serta lingkungan dan pembangunan.  Ia telah menerbitkan beberapa jurnal akademik dan rekomendasi kebijakan terkait demokrasi ekonomi serta politik pembangunan.

Bidang Kepakaran: Politik dan keamanan global


Arda Kusumawati, S.E.

Arda Kusumawati, S.E. (Ardha) merupakan relawan sosial yang berkarya dalam bidang literasi, edukasi, dan lingkungan hidup. Ardha berperan sebagai … di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada. Menulis untuk menjalin relasi dalam pengembangan komunitas serta negosiasi dengan calon mitra adalah kemahiran Ardha. Ardha telah terlibat dalam beberapa proyek penulisan artikel, komunitas buku, serta forum diskusi pelestarian alam. 

Bidang Kepakaran: Literasi, edukasi, dan lingkungan hidup.


Fitri Indriyajati, S.A., ACPA

Fitri Indriyajati, S.A., ACPA merupakan peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada dengan fokus studi pada sistem informasi akuntansi. Ia meraih gelar Sarjana Akuntansi dengan sertifikat Brevet Pajak A dan B, Manajemen Akuntansi, dan Audit. Ia memiliki pengalaman magang dan keahlian terkait pemeriksaan pajak dan pengarsipan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pelaporan pajak.

Bidang Kepakaran: Akuntansi dan sistem informasi.


Muna Rihadatul Aisi, S.Sos.

Muna Rihadatul Aisi, S.Sos. (Aisi) adalah seorang desainer grafis penuh waktu di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada. Selama masa studinya di Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada, Aisi memiliki fokus penelitian pada isu–isu pembangunan sosial dan hak disabilitas di kampus. Aisi memiliki pengalaman magang pada Divisi Komunikasi dan Media di Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta dan Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Bidang Kepakaran: Pembangunan sosial dan hak disabilitas.


Adriani Zulivan, S.Sos.

Adriani Zulivan, S.Sos adalah peneliti dan Manager Media Sosial di Pusat Studi Perdagangan Dunia yang memiliki fokus ketertarikan pada bidang pers, media sosial, disabilitas, pelestarian pusaka, budaya, kesejahteraan hewan, pembangunan perkotaan, penanggulangan bencana, inovasi pedesaan, serta ibu dan anak. Dengan latar belakang studinya pada Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, ia memiliki pengalaman bekerja pada proyek-proyek organisasi non-pemerintah seperti United Nation Development Program (UNDP) dan lainnya, khususnya terkait media dan komunikasi, terkait isu lingkungan dan kesehatan, ibu dan anak, penanggulangan risiko bencana, serta pluralisme. Ia telah aktif berkontribusi pada komunitas-komunitas yang bergerak pada isu urban, kebencanaan, pelestarian pusaka, kesejahteraan hewan, dan  lingkungan.

Bidang Kepakaran: Pers, media sosial, pelestarian pusaka, budaya, kesejahteraan hewan, pembangunan perkotaan, penanggulangan bencana, inovasi pedesaan, serta ibu dan anak.


Izzatinnisa, MA.

 Izzatinnisa, MA. (Zati) merupakan seorang mahasiswa magister Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada. Selama masa studinya, Zati tertarik pada Ekonomi Politik Global khususnya ekonomi sirkular dan pembangunan internasional. Zati memiliki pengalaman magang sebagai tim produksi podcast dan asisten peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada, serta anggota editor Jurnal Palito Universitas Andalas.

Bidang Kepakaran: Ekonomi sirkular dan pembangunan internasional.


Christina Vania Winona, S.I.P.

Christina Vania Winona, S.I.P. (Vania) adalah seorang Kepala Divisi Kesekretariatan peneliti di Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada. Minat penelitian Vania antara lain, demokrasi ekonomi, ekonomi-politik, dan gerakan nirkekerasan. Vania bertanggung jawab atas tugas-tugas administratif termasuk menyusun surat, memo, laporan, kontrak, dan dokumen lainnya yang diperlukan untuk staf dan proyek penelitian, serta menganalisis dan mengumpulkan data dan temuan untuk tujuan penelitian. 

Bidang Kepakaran: Demokrasi ekonomi, ekonomi-politik, dan gerakan nirkekerasan.