Komitmen Konsorsium Ekonomi Sirkular Indonesia (KESI) Untuk Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan UMKM

Komitmen Konsorsium Ekonomi Sirkular Indonesia (KESI) Untuk Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Pemberdayaan UMKM

Penulis :

Adelia Rachma Indriaswari Susanto

Staf Divisi Pemberdayaan dan Kolaborasi Komunitas, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Editor :

Lukas Andri Surya Singarimbun

Website Manager, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Ilustrator:

Muna Rihadatul Aisi

Graphic Design Manager, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Saat ini isu mengenai implementasi ekonomi sirkular semakin mendapatkan perhatian di Indonesia. Indonesia bahkan sudah mengadopsi konsep ekonomi sirkular ke dalam visi dan strategi pembangunan lima sektor prioritas pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024. Implementasi ekonomi sirkular ditujukan untuk menyeimbangkan antara keuntungan ekonomi dan kelestarian lingkungan alam. 

Dalam mendukung pengembangan ekonomi sirkular, Konsorsium Ekonomi Sirkular Indonesia (KESI) yang berafiliasi dengan Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) UGM hadir dengan semangat pengembangan UKM dan komunitas serta institusi berbasis ekonomi sirkular yang berlandaskan pada kearifan dan pengetahuan lokal. Saat ini, KESI telah memiliki lebih dari 20 anggota di Yogyakarta, Bali, dan berbagai wilayah lain di Indonesia seperti Rumijo Eco Indonesia, Sekolah Sampah Ringas Trengginas, dan Yayasan Sanggar Anak Alam (SALAM). Pada Desember 2022 lalu,  KESI juga turut terlibat aktif dalam menyelenggarakan Circular Economy Expo yang dihadiri lebih dari 50 tenants yang bergerak di bidang industri, komunitas, dan edukasi. 

Setelah mengembangkan dan mengokohkan jejaring konsorsium, KESI menyelenggarakan pertemuan rutinnya di Kantor PSPD UGM sebagai Sekretariat KESI pada 28 Januari 2023. Pertemuan ini menjadi tonggak awal KESI untuk merefleksikan komitmennya dalam mewujudkan ekonomi berkelanjutan berbasis ekonomi sirkular untuk anggotanya. Dalam pertemuan kali ini, anggota KESI berdiskusi mengenai peluang dan tantangan implementasi ekonomi sirkular pada berbagai sektor utamanya, sektor UKM dan komunitas. 

Tindak lanjut dari diskusi ini pada beberapa bulan ke depan, KESI akan segera menyelenggarakan pelatihan keterampilan, manajemen, dan pemasaran  untuk anggotanya, dan kemudian akan diujikan kepada publik. Program ini diharapkan dapat menjadi solusi kunci untuk permasalahan UMKM yang memiliki keterbatasan akses dalam bidang keterampilan, manajemen, dan pemasaran. Jangkauan peserta dari pelatihan ini ditargetkan dapat dilakukan secara menyeluruh termasuk pelatihan yang terbuka untuk masyarakat umum, tidak hanya terbatas pada anggota KESI. Dengan demikian, KESI akan terus berkomitmen dalam penyelenggaraan ekonomi sirkular berbasi kolaborasi dan pemberdayaan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Comment (1)

  1. Kiki 1 years ago

    selamat siang, saya kiki mahasiswa doktoral dari Universitas Indonesia, sedang melakukan penelitian mengenai ekonomi sirkular. bolehkah saya berdiskusi dengan tim KESI?