Pilah-Pilih Sampah, Mimpi Besar Desa Wisata yang Asri dan Berdaya di Sumberharjo

Pilah-Pilih Sampah, Mimpi Besar Desa Wisata yang Asri dan Berdaya di Sumberharjo

Penulis :

Mario Aden Bayu Valendo

Peneliti, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Editor :

Lukas Andri Surya Singarimbun

Website Manager, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Ilustrator:

Narinda Marsha Paramastuti

Desainer Grafis, Pusat Studi Perdagangan Dunia Universitas Gadjah Mada.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Sumilir merupakan kelompok masyarakat penggerak aktivitas sektor pariwisata di Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman. Kalurahan ini secara luas dikenal dengan destinasi pariwisata Bukit Teletubbies dan Rumah Domes, ditambah lingkungannya yang asri dan teduh karena hamparan lahan pertanian dan penghijauan. 

Mengangkat misi untuk membangkitkan geliat pariwisata kembali di Kalurahan ini yang telah dua tahun dihantam pandemi, Pokdarwis Sumber Sumilir memilih pendekatan yang progresif untuk membenahi kondisi lingkungan di daerahnya, sekaligus berinovasi untuk memberdayakan sektor pariwisata yang dapat mengundang turis. Kondisi lingkungan yang berupaya dibenahi tersebut karena penanganan sampah yang belum optimal, ditandai dengan aktivitas pembuangan sampah ke aliran sungai dan perkebunan, maupun pembakaran sampah.

Inisiasi lahirnya gerakan lingkungan untuk memberikan nafas kehidupan kembali bagi geliat pariwisata dicetuskan oleh Pokdarwis Sumber Sumilir yang dikoordinasikan oleh Andy Purnawan. Andy, sapaan akrabnya, juga menekuni dunia ekonomi kreatif melalui jenama “Kenandy”. Sebuah industri kreatif berbasis kriya dari olahan kulit untuk dibuat menjadi berbagai macam produk alat tulis ini memiliki satu langkah yang sama untuk berkolaborasi di Konsorsium Ekonomi Sirkular Indonesia (KESI). Menurut Andy, semangat untuk menjaga lingkungan perlu menjadi kesatuan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat. 

Semangat Andy untuk berkontribusi menjaga lingkungan di Desa Wisatanya kian bergelora ketika mendapati pengelolaan sampah dan edukasi lingkungan yang belum berjalan baik. Andy melihat bahwa aspek pariwisata dan kebersihan lingkungan tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, Andy membayangkan bahwa atraksi wisata di Kalurahan Sumberharjo akan berbasis ecotourism一memadukan kearifan lokal kehidupan pedesaan dengan atraksi wisata alam. Secara umum, konsep ecotourism tersebut akan dikemas melalui kegiatan Bersih Desa.

Sebagai upaya untuk mendukung terciptanya desa wisata yang bersih, Pokdarwis Sumber Sumilir yang dipimpin oleh Andy ini telah mencanangkan gerakan pilah sampah ke 18 padukuhan di Kalurahan Sumberharjo. Bekerja sama dengan Rapel Indonesia, gerakan ini telah mengorbitkan tiga bank sampah di Kalurahan ini selama empat bulan terakhir, yakni Bank Sampah Cincing Jarik, Puspa, dan Brilian Teletubbies.

Salah satunya yakni Bank Sampah Cincing Jarik yang telah berjalan selama tiga bulan. Bank sampah ini beranggotakan 10-12 kepala keluarga. Praktik yang dilakukan oleh anggota bank sampah adalah aktivitas memilah sampah langsung dari rumah tangga, sebelum akhirnya disetorkan kepada depot pengumpulan bank sampah setiap bulannya.

Tak berhenti di sana, Andy dan pengurus Pokdarwis pada 21 Desember 2022 lalu juga mengadakan sosialisasi gerakan pilah sampah ke Padukuhan Sengir. Marta Yenni selaku perwakilan Rapel Indonesia yang memberikan materi pada sosialisasi ini menekankan bahwa sistem bank sampah akan secara langsung mendukung praktik ekonomi sirkular untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan warga yang sehat, terlebih kawasan ini merupakan desa wisata. Dengan demikian, Andy berharap gerakan pilah sampah ini mendapatkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan guna memberdayakan sektor pariwisata di Kalurahan Sumberharjo pasca-pandemi.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*