The Future of Doha Round: Optimalisasi Diplomasi Ekonomi Indonesia dalam Kerangka WTO

monograf2013_doha-roundMonograph Series: Practices in Trade and Indonesian Encounters

Monograf berjudul ‘The Future of Doha Round: Optimalisasi Diplomasi Ekonomi Indonesia dalam Kerangka WTO’ ini merupakan hasil kajian kerja sama antara Pusat Studi Perdagangan Dunia (PSPD) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pusat P2K-OI Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri Indonesia. Kajian ini pada dasarnya dimaksudkan untuk menganalisis kepentingan diplomasi ekonomi Indonesia, terutama menyikapi terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO di Bali pada 3-6 Desember 2013. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTM WTO IX tersebut menunjukkan semakin besarnya peran dan pengaruh Indonesia dalam organisasi perdagangan dunia. Hal ini juga menjadi wujud pelaksanaan komitmen Indonesia yang kuat dalam upaya penyempurnaan aturan dan sistem perdagangan multilateral dunia.

Dari kajian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa optimalisasi diplomasi ekonomi Indonesia dalam kerangka WTO ditentukan melalui peran kunci dan fleksibilitas Indonesia dalam proses perun­dingan di KTM IX Bali nanti. Keberhasilan diplomasi Indonesia di KTM IX untuk menghidupkan kembali perundingan Doha adalah indikator penting keberhasilan diplomasi multilateral negeri ini dalam kerangka WTO. Sejak keikutsertaannya dalam perundingan Putaran Uruguay dan kemudian menjadi bagian dari sistem perdagangan global di bawah WTO, kontribusi paling signifikan Indonesia akan bisa dilihat dari kompromi-kompromi yang bisa dicapai di KTM IX Bali untuk menghidupkan kembali putaran perundingan Doha atau Doha Development Agenda (DDA). Di sisi lain, hasil kajian ini juga menunjukkan bahwa pekerjaan rumah terbesar dalam merespon liberalisasi perdagangan di bawah kerangka WTO yang sesungguhnya adalah kemampuan pemerintah Indonesia untuk memperkuat basis domestik. Pembenahan ke dalam, penting dilakukan agar Indonesia mampu bersaing tidak hanya di pasar internasional namun juga mampu bertarung dan menjadi pemenang di negeri sendiri.

Penulis: Poppy S. Winanti, Riza Noer Arfani, Angga Aditama Putra, I Gede Ketut Catur Bimantara Suberata, Muhammad Reza Syarifuddin, Vinie Puspaningrum
ISBN: 978-602-18085-6-6
Tebal: xi + 85 p
Bahasa: Indonesia

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*