Notulensi Diskusi Mingguan 1 April 2011

Review Film Dokumenter “PORTRAITS TAIWAN: Chen Wen-Yu”

soft file dapat diunduh di sini

 

Film ini memberi gambaran mengenai marketing management di mana Chen Wen-Yu mampu mensinergikan antara subsistem dalam agribisnis dengan baik. Subsistem yang dimaksud adalah subsistem hulu (benih), subsistem on farm (semangka), subsistem hilir (tataniaga) serta lembaga penunjang (pemerintah). Menurut sejarahnya, tanaman semangka bukanlah berasal dari Taiwan namun akhirnya dapat dibudidayakan dengan baik bahkan menjadikan Taiwan mampu menjadi salah satu negara ekportir semangka. Hal ini dimulai dari keinginan kuat Chen Wen-Yu untuk membantu petani agar dapat menikmati hasil panennya sehingga menjadi sejahtera dan konsumen mampu merasakan buah yang enak serta menyehatkan. Belajar dari pengalaman seringnya terjadi badai maka Chen Wen-Yu melakukan upaya untuk memperoleh benih unggul yang dapat tumbuh dengan baik walaupun terjadi badai sehingga dapat mengurangi risiko kegagalan panen. Benih yang baik dapat menghasilkan buah yang baik. Petani akan memperoleh keuntungan dari penjualan buah yang baik. Pemilihan komoditas hortikultura, yakni semangka, dikarenakan sesuai dengan keadaan iklim Taiwan sehingga diharapkan dapat memperkuat perekonomian. Upaya dan ketekunan Chen Wen-Yu untuk memajukan pertanian di negaranya mendapat dukungan dari pemerintah Taiwan dengan diadakannya Festival Semangka agar masyarakat lebih mengenal komoditas tersebut.

Inovasi dilakukan agar dapat memenuhi keinginan dan kepuasan konsumen. Dengan melakukan penelitian, berupa penyilangan tanaman dan kultur jaringan, Chen Wen-Yu berhasil menghasilkan semangka tanpa biji yang membuat konsumen tidak perlu kerepotan ketika mengkonsumsi semangka. Dengan melakukan grading dan standardisasi produk benih maupun buah yang diproduksi mampu menembus pasar internasional sehingga dapat dinikmati oleh masyrakat Eropa, Amerika dan Asia. Kini Chen Wen-Yu memiliki industri benih, Known You Seed, yang mampu menyaingi industri benih dari negara lain, seperti Jepang (Takii) dan Amerika (East West).

(will/PSPD UGM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>