PUSAT STUDI PERDAGANGAN DUNIA

UNIVERSITAS GADJAH MADA

file materi dan notulensi dapat diunduh di sini


Peluang Karir di WTO

Oleh Michelle Ayu Chinta Kristy dan Angga Kusumo

11 Maret 2011

Berkarir di sebuah organisasi internasional, seperti WTO adalah hal yang cukup menantang dan prestisus. Sebagai Internasional Civil Servant, seorang yang ingin bekerja di WTO membutuhkan persiapan yang matang. Saat ini , tercatat hanya 34 WNI yang bekerja di berbagai OI pada berbagai tingkatan. Minimnnya sumber daya manusia yang bekerja di OI berdampak pula pada bargaining power Indonesia dalam OI .

Secara umum, bergabung dalam OI mensyaratkan kemampuan bahasa ( Inggis, Perancis, Spanyol, Mandarin, dll ), latar belakang pendidikan ( minimal SMA – S3 ) , dan pengalaman bekerja  ( minimal 2 – 10 tahun ).

Bagi lulusan dengan pengalaman kerja terbatas dapat melamar pada bagian Internship / Trainee Programmes atau Young Professional Programmes. Bagi Profesional yang telah memiliki pengalaman bekerja ( Mid – Career Profesionals ) dapat bergabung sebagai : UN Volunteers

Informasi peluang karir di WTO dapat dilihat di sini, sedangkan pendaftaran magang dapat dilakukan di sini

Proses Aplikasi dapat dilakukan dengan  :

1. E -recruitment :

(melalui internet ), kita akan dapat username, password, personal history form. ( bisa ditunda, log out dahulu,  setelah selesai melengkapi lalu baru submit )

2. Offline application :

Director , Human Resources Division

World Trade Organization

Center William Rappard

154 Rue de Lausanne

1211 Geneva 21

Switzerland

Fax : +41 22 739 5772
—–

Center for World Trade Studies (CWTS)
Universitas Gadjah Mada
Gedung UPT III lt. 3
Bulaksumur, Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>