Program Pascasarjana (S2) Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada dibuka sejak tahun 2002 dan didirikan oleh Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Pada awalnya, Program S2 HI Fisipol UGM ditujukan sebagai sebuah program studi lanjutan di bidang diplomasi, kebijakan luar negeri, dan ekonomi politik internasional. Sebagai sebuah tema dalam studi hubungan internasional, fokus dari bidang diplomasi dan kebijakan luar negeri terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan pada dunia ekonomi politik internasional. Studi mengenai diplomasi, isu-isu global kontemporer, ekonomi politik global, rezim internasional, dalam perspektif politik global dan kebijakan luar negeri, dirancang sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terdapat dalam hubungan internasional, seperti ekonomi politik internasional, hukum internasional, dan isu-isu low-politicslainnya. Oleh karena itu, Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional UGM dirancang untuk memahami keterkaitan antara berbagai macam bidang dalam dunia diplomasi dan kebijakan luar negeri.

Kerja sama PSPD UGM dengan Program S2 HI Fisipol UGM secara intensif dimulai pada tahun 2012 ketika program minat khusus Diplomasi Perdagangan Global didirikan. Minat khusus ini memfokuskan pada kajian perdagangan internasional yang bersifat lintas dispilin dan dikembangkan dalam kerangka WTO Chairs Programme (WCP) UGM Indonesia. Selain dari staf pengajar Hubungan Internasional, minat khusus ini didukung oleh sejumlah staf pengajar dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Kerja sama antara PSPD dan Program S2 HI UGM berada pada ranah pengembangan kurikulum, kegiatan seminar, public lecture dan penelitian.

Informasi lebih lanjut:
Website S2 HI Fisipol UGM