Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend produksi teh beberapa negara produsen teh dunia, trend volume ekspor teh Indonesia, daya saing teh Indonesia di pasar internasional, dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan teh Indonesia di Pakistan dan Inggris. Data yang digunakan dalam penelitian ini berkisar antara tahun 1961 hingga 2010 yang diunduh melalui situs faostat3.fao.org, worldbank.com, dan comtrade.un.org. metode analisis yang digunakan untuk tujuan 1 dan 2 adalah dengan model regresi sederhana metode Least Square; daya saing komoditas teh Indonesia dianalisis dengan beberapa indikator daya saing, diantaranya yaitu RCA (Revealed Comparative Advantage), RSCA (Revealed Symmetric Comparative Advantage), AR (Acceleration Ratio), dan ISP (Indeks Spesialisasi Perdagangan); dan tujuan mengenai faktor yang mempengaruhi permintaan teh Indonesia oleh Pakistan dan Inggris dianalisis dengan menggunakan model analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi dan ekspor teh Indonesia cenderung mengalami peningkatan, berdasarkan nilai RCA dan RSCA, teh Indonesia memiliki keunggulan komparatif, angka ISP juga menunjukkan bahwa teh Indonesia telah mencapai tahap pematangan, namun pertumbuhan kuantitas ekspor teh yang dilakukan Indonesia belum mampu mengimbangi pertumbuhan kuantitas permintaan dunia akan teh. Faktor yang berpengaruh terhadap permintaan teh Indonesia oleh Pakistan adalah nilai tukar rupiah terhadap rupee Pakistan, sedangkan pada negara Inggris yaitu jumlah penduduk Inggris, GDP Inggris, dan harga susu sapi sebagai barang komplementer.

Kata kunci: daya saing, ekspor, kinerja, komoditas teh, produksi

Peneliti: Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, Prof. Dr. Dwidjono Hadi Darwanto, Sugiyarto, SP., M.Sc., Setiawan Suryo Kuncoro Jabbaaro, S.P. (Faculty of Agriculure Universitas Gadjah Mada)
Tahun: 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>