Tentang Community Officer (CO)

Tugas utama dari peserta magang yang menempati posisi sebagai CO adalah untuk menjalankan program-program rutin PSPD yang ditujukan bagi mahasiswa. Program tersebut antara lain adalah kajian pekanan (diselenggarakan setiap hari Jumat, pukul 15.00, dengan mahasiswa/akademisi sebagai pemateri), seminar bulanan (diselenggarakan setiap akhir bulan dengan dosen/peneliti/praktisi sebagai pemateri) dan kepenulisan artikel di surat kabar. Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab CO meliputi setiap aspek dalam pelaksanaan tersebut, seperti publikasi, konsumsi, surat-menyurat, moderator diskusi, serta dokumentasi. Dalam melaksanakan program-program tersebut, CO juga berstatus sebagai deputi dalam komunitas Empowering Perspective of International Commerce (EPIC) yang hingga saat ini memiliki 200+ anggota pasif. Selain itu, CO juga diharapkan dapat memberikan ide dan masukan agar PSPD dapat terus merangkul mahasiswa-mahasiswa pegiat isu perdagangan melalui program-program yang akan dicapai dalam waktu tertentu.

Kualifikasi Peserta Magang

  • Mahasiswa UGM, diutamakan berasal dari Fakultas ISIPOL, Hukum, Ekonomi Bisnis, atau Pertanian
  • Telah menempuh minimal 4 semester (untuk S1), sedangkan untuk S2 tidak ada minimal semester
  • Memiliki minat/konsentrasi terhadap isu perdagangan dunia dan/atau isu yang memiliki relevansi kuat dengan isu perdagangan
  • Berkepribadian sopan, menyukai tantangan, berani mengajukan ide, memiliki inisiatif tinggi, sanggup bekerja dalam tim dan bertanggung jawab
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi (lisan, surat-menyurat, dalam forum, melalui telepon, dsb.)
  • Dianjurkan untuk memiliki kemampuan penunjang seperti kemampuan melakukan riset, menulis artikel, membuat poster, menjadi moderator dalam forum, dsb. Atau bersedia untuk bersungguh-sungguh meningkatkan kemampuan tersebut melalui workshop, FGD dan upgrading yang nantinya diselenggarakan PSPD.

Masa Magang

  • Masa magang berlangsung selama 3 bulan, terhitung sejak 12 September 2016 hingga 12 November 2016.
  • Selama masa magang tersebut, peserta magang diharapkan dapat berada di PSPD minimal 3×2 jam dalam satu minggu, dibuktikan dengan lembar absensi.

Apresiasi bagi Peserta Magang

  • Akses terhadap kekayaan intelektual yang ada di CWTS (perpustakaan, jurnal, penelitian, dsb.)
  • F asilitas kantor (PC, WIFI, pantry, dsb.)
  • Sertifikat

Registrasi

  1. Mengunduh dan mengisi formulir di bawah ini, lalu mengirimkan formulir yang sudah diisi ke email epic.ugm@gmail.com paling lambat hari Kamis, 8 September 2016.
  2. Mengikuti interview yang bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta tentang konsep dan isu-isu dalam perdagangan dunia serta mengetahui soft skill lain yang dimiliki peserta. Interview dilaksanakan di ruang seminar PSPD. Jadwal interview:
    Jumat, 9 September 2016 pukul 14.00 WIB
  3. Mengikuti workshop dan focus group discussion yang dilaksanakan pada Sabtu, 10 September  2016, pukul 09.00-17.00.

Setelah ketiga tahap diatas, para pendaftar akan mendapatkan pengumuman via email perihal diterima atau tidaknya dalam program magang periode ini. Apabila diterima, peserta magang akan memulai masa magangnya terhitung sejak hari Rabu, 12 September 2016.