Tanaman hortikultura mempunyai potensi besar untuk dikembangkan karena mempunyai keunggulan berupa nilai jual yang tinggi serta potensi pasar di dalam negeri dan internasional Impor produk hortikultura nasional selama ini sangat besar dan melebihi ekpornya. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja dan faktor yang mempengaruhi impor bawang putih, bawang merah, kentang dan jeruk Indonesia serta mengetahui daya saing keempat komoditas tersebut. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari tahun 1991-2010. Analisis yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan impor adalah tren. Revealed Comparative dantage (RCA) dan Accelaration Ratio (AR) digunakan untuk mengetahui daya saing produk hortikultura sedangkan analisis regresi digunakan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi impor hortikultura Indonesia. Impor komoditas bawang putih, bawang merah, kentang dan jeruk antara tahun 1991-2010 mengalami tren meningkat. Daya saing bawang putih, bawang merah, kentang dan jeruk Indonesia mengalami penurunan dengan percepatan ekspor sangat rendah. Ketersediaan per kapita berpengaruh terhadap impor bawang putih. Kebijakan AoA berpengaruh nyata terhadap impor bawang putih dan bawang merah. Sedangkan nisbah harga produk domestik dengan harga produk internasional berpengaruh terhadap impor semua komoditas hortikultura dalam penelitian.

Kata kunci: hortikultura, tren, daya saing, faktor yang mempengaruhi impor

Peneliti: Jamhari (Faculty of Agriculture Universitas Gadjah Mada), Agus Dwi Nugroho (Faculty of Agriculture Universitas Gadjah Mada)
Tahun: 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>